Minggu, 18 Mei 2014

Pulau Sempu

cerita lama sih sebenernya, dari dulu pengen posting tapi nggak jadi-jadi terus. bagi kalian yang belum tau pulau sempu, ini hasil google map saya ..


yap, berbatasan langsung dengan samudra hindia. seram bukan ?
walaupun merinding waktu tau itu berbatasan langsung sama samudra hindia tapi merinding juga liat foto-fotonya, dan akhirnya rasa merinding itu yang membuat kita kesana.
seperti biasa, ini kegiatan rutin perkumpulan saya .. sebut saja namanya "HIMAKO" Himpunan Mahasiswa Kosan. dan seperti biasa pula, Ondik-pacar Tia yang mengantarkan kita hahahaha .
berangkat dari kosan habis solat subuh, demi sempu deh anak-anak (dan saya tentunya) bela-belain mandi jam 3 subuh. waktu keluar dikenalkanlah kita sama Angga, adek kos Ondik yang anak UB juga. jadi yang ikut itu 2 pasangan, Ninuk-Regar, Tia-Ondik dan yang terakhir Aku-Kiki-Angga (ngenes).

kita sempet berhenti sarapan dulu ditengah-tengah perjalanan. disana entah kenapa kekuatanku sudah mulai melemah dan akhirnya bersahabatlah saya dengan antimo ._.v jangan salahkan saya, salahkan jalannya yang berkelok-kelok haah ..

sampailah kita di sendang biru, Tia sebagai bendahara organisasi udah mengatur segalanya deh, cocok. nyampe sana habis ngisi formulir trus dikasih tau kalo ke Pulau Sempu tujuannya nggak boleh buat liburan soalnya ini wilayah konservasi atau cagar alam, jadi harus njaga kebersihan selama perjalanan sampai ke segara anakan nantinya.


habis ngurus surat-surat dan sebagainya, berangkatlah kita ditemani mas Ipin. mas Ipin nggak kembar kok, tenang aja ..
naiklah kita ke perahu trus caw deh ke pulau sempu ! waktu mau turun dari perahunya entah kenapa aku ada feeling buat nyuruh anak-anak nyatet nomer HP bapaknya trus jangan 1 HP buat jaga-jaga (berhubung HP saya ada didalam tas yang sangat dalam jadi hanya bisa menyarankan saja ._.")

disini mulai deh wownya, kita yang manusia-manusia awam ini harus tracking buat nyampe ke segara anakan. mungkin ini cobaan buat mas Ipin, kita 20 menit jalan trus minta istirahat, begitupula seterusnya .. untung aja aku, Ninuk, Tia udah pemanasan tracking kayak gini berkat fieldtrip Stela, PB. tapi ya fieldtrip nggak sampe harus jalan megangin akar dan dibawah udah air yang nggak tau sedalam apa syalalala~
Angga ngeloncatin pohon-pohon tumbang santai aja, kakinya panjang. Ninuk sama Regar sudah didepan banget nggak mau ketinggalan Mas Ipin, sedangkan saya, Kiki, Tia dan Ondik yang kelas berat berada dibelakang barisan dengan nafas yang subhanallah ngos-ngosannya..

setelah perjalanan 1 jam sampailah kita di segara anakan. WOW BANGEEET !!


sudah, berpencarlah kita sesampainya disana.. Angga sibuk dengan kameranya pergi kearah karang yang ada di kiri segara anakan. regar baring-baring sambil njagain tas kita dan yang lain main deh ..




mungkin 1 jam lebih kita main trus foto-foto tiba-tiba ada ombaknya gede banget. ya kita yang nggak tau apa-apa cuman wow aja ngeliatnya, trus muncul lagi ombak yang kedua. lagi-lagi bloonnya kita ya cuman berdiri trus ngeliatin aja .. baru sadar waktu pada heboh dikarang yang ada dikiri segara anakan. Ondik langsung lari ninggalin kita trus aku sendiri cuman bisa diem, bingung. Regar tiba-tiba dateng trus bilang kalo Angga kena ombak!

wah, keadaan seketika panik deh itu. aku sama Ninuk nekat buat nyamperin Angga. saya yang kebetulan phobia sama luka ngeliatnya cuman kearah wajahnya Angga aja, nggak ngeliat ke kakinya. tapi ya mau gimana lagi, penasaran gara-gara orang-orang pada heboh nyari minyak tanah.. mikirku waktu itu apa hubungannya luka sama minyak tanah ? dan ternyata .. minyak tanahnya disiramin deh kelukanya, nggak bayangin gimana rasanya. Angga udah nggak bisa apa-apa, dianya cuman baring kesakitan gitu. nggak kuat kembalilah saya ke yang lain..
nah, disini bingungnya .. kan buat kesini tadi kita butuh tracking dulu. gimana caranya kita mbawa Angga secepat mungkin ke rumah sakit ?? dikasih info sama orang-orang disana kalo nyewa petugas keselamatan gitu bayarnya 1 juta. udah nggak bisa mikir apa-apa dikeluarkanlah semua duit yang kita punya .. dan hasilnya mungkin cuman setengahnya. bingunglah kita disana, panik.

mas Ipin dan beberapa rekannya mbopong Angga sampe ketempat kita. dibiarin deh Angga istirahat dulu buat mbenerin punggungnya yang kena benturan juga. dikondisi bingung kayak gitu dia sempet-sempetnya bilang : "fotoin dong mbak, aku belum punya foto blas.." oh my god -________-


disini dimulailah perjuangannya.. akhirnya kita semua mutusin buat mbopong Angga dan tetep jalan buat balik ke pinggir sempu. naah, berniatlah nelfon bapak perahunya, dan ternyata yang ngesave cuman Angga dan HPnya kena ombak trus mati. agak mikir deh, apa waktu diperahu tadi firasat -_-
berangkatlah kita, 3 cowok gantian ngangkat Angga dan yang cewek kebagian ngingetin Angga biar sadar terus. yang tadinya berangkat 1 jam sampai, perjalanan pulang kita capai dalam waktu 5 jam. Angga udah setengah sadar, air dari beberapa botol tinggal 1 padahal masih setengah jalan, papasan sama orang-orang trus nyemangatin kita semua, wow deh pokoknya. 



singkat cerita akhirnya sampailah kita di sendang biru trus langsung ngikutin mas Ipin. hari udah mulai gelap sampailah kita ke puskesmas terdekat. 

Ondik ikut masuk kedalem nemenin Angga yang kakinya lagi dijait. aku sama Tia pensaran, ikut deh masuk.. itung-itung ngadem soalnya ruangannya AC-an :p
setelah beberapa menit Ondik capek berdiri, keluarlah dia sama Tia meninggalkan Angga yang kebingungan. aku mau keluar juga tapi ya gimana kan -.-" 
dengan sungkan Angga bilang "mbak, kamu sinio.." hah aku ?
eh, si dokter juga nyuruh aku berdiri disebelahnya dia, lah ganti aku yang bingung .. dianya udah narik lengan kaosku kuat banget seiring masuknya jarum jait ke kulitnya. aku ndenger aja ngeri apalagi disuruh ngeliat sedeket iniiiii ???? aku cuman bisa masang wajah pengen nangis juga ke Ondik yang lagi ngeliatin kita sambil ketawa-ketawa. kasian mungkin liat aku akhirnya Ondik kembali ke posisinya. haaaah ..

setelah selesai proses jahit menjahit pulanglah kita, hari sudah gelap gulita. aku sama yang lain udah terlelap, Ondik sendiri yang masih sadar, terharu :') sempet makan di Turen trus cepet-cepet jalan lagi ..
dan akhirnya sampailah kita didepan kosan Ondik di daerah Tidar situ. aku mbuka pintu, turun dari mobil niat bantuin Angga keluar dan ...... karna aku duduk dibelakang Angga, jadi nggak sadar kakiku nekuk terus dan sekarang kakiku nggak ada rasanya -_____-"
habis nurunin Angga lanjut deh kekosan. dalam kondisi setengah sadar kita akhiri perjalanan ini. wassalam

berkat perjalanan ini, ada mungkin 3-4 hari kaki ini rasanya njarem semua. apa mungkin ini faktor umur juga ya ? :|


Tidak ada komentar:

Posting Komentar