Kamis, 16 Januari 2014

companion planting


gambar diatas WAJIB hukumnya dilampirkan di laporan companion planting. akhirnya, mengandalkan kemampuan photoshop jadilah gambar yang sederhana ini.

dari kalian mungkin ada yang bertanya-tanya apa itu Companion Planting ?
Companion Planting (Tanaman Pendamping) adalah penanaman dalam satu bedeng ditanamilebih dari satu tanaman sebagai pendamping jenis tanaman lainnya yang bertujuan untuk saling melengkapi dalam kebutuhan fisik dan unsur haranya (Wirosoedarmo, 1985)

untuk peletakannya didasari dari tanaman jagung ditanam berdekatan dengan tanaman kacang tanah dan bunga matahari karena tanaman jagung sangat membutuhkan unsur N yang banyak sehingga tanaman kacang tanah sangat cocok karena merupakan tanaman penambat unsur N terbesar. bunga matahari disini membantu tanaman jagung untuk proses penyerbukan karena dengan bunga matahari maka dapat menarik lebah yang membantu proses penyerbukan, bunga matahari juga berfungsi sebagai tanaman jebakan karena serangga tertarik dengan warna yang mencolok. untuk tanaman kacang tanah dan wortel ditanam berdekatan dengan bawang merah karena umbi bawang merah berbau menyengat sehingga tidak disukai oleh tikus dan serangga sehingga presentase serangan hama sangat kecil.

sekian penjelasan dari companion planting, tugas dari matakuliah Pertanian Organik ini. semoga bermanfaat :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar